3 Kesalahan Utama dalam Merencanakan Keuangan Keluarga

Membangun keluarga membutuhkan kemampuan perencanaan keuangan yang matang. Bagi pasangan baru, masa awal bisa jadi akan terasa sulit karena mengatur keuangan berkeluarga berbeda saat masih lajanag. Berikut tiga kesalahan utama yang sering dialami pasangan dalam membuat perencanaan keuangan keluarga:

1. TIDAK MEMILIKI ASURANSI JIWA

Banyak orang masih memiliki pandangan bahwa asuransi jiwa belum menjadi kebutuhan krusial. Padahal asuransi jiwa adalah upaya memberikan perlindungan finansial bagi anggota keluarga apabila kepala keluarga/pencari nafkah mengalami musibah yang membuatnya tidak dapat bekerja kembali atau meninggal. Jika resiko kecelakaan jiwa menimpa pencari nafkah, tentu berdampak bagi kelangsungan keluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa,keluarga yang ditinggalkan akan terbantu dan dapat bertahan hidup dengan normal.

2. TIDAK MENGHITUNG BIAYA PENDIDIKAN ANAK

Sebagian orang berpendapat dana pendidikan anak dapat dikumpulkan dengan cara konvensional seperti menyimpan uang di bank. Faktanya, tabungan konvensional memiliki kelemahan yaitu tidak mempunyai perhitungan dan estimasi yang terperinci mengenai beaya pendidikan yang dibutuhkan anak kelak. Selain itu, uang yang disimpan di tabungan pun nilainya akan menurun karena tergerus inflasi. orang tua sebaiknya melakukan perhitungan beaya pendidikan anak bahkan sejak anak baru lahir, agar dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai jumlah dana yang dibutuhkan dan tidak sekadar mengendapkan uang di bank.

3. MENGANGGAP DANA PENSIUN TIDAK LEBIH PENTING DARI DANA PENDIDIKAN

Tidak kalah penting adalah mempersiapkan dana pensiun. Idealnya, di masa tua orang tidak perlu lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau menggantungkan hidup pada anak. Harapan itu dapat terpenuhi apabila telah mempersiapkan dana pensiun semasa usia produktif. Hitung dengan seksama kebutuhan hidup di hari tua, lalu sisihkan uang secara rutin untuk dimasukkan ke dalam pos dana pensiun.

Agar kondisi keuangan senantiasa stabil dan sehat, mari persiapkan keuangan keluarga lebih dini dan jangan terjebak dalam tiga kesalahan di atas.

Sequis – Your Better Tomorrow

Iklan

Tentang Mostpalica

Saya agen resmi asuransi Sequislife. Menjual asuransi bukanlah sekedar bisnis, tapi yg terutama adalah palayanan jangka panjang & tanggung jawab moral.
Pos ini dipublikasikan di Asuransi, Asuransi Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s